Berkarier dari Pemkab Lobar Kepusat, Kini Niqman Zahir Masuk Bursa Pj Gubernur NTB

- Jurnalis

Senin, 14 Agustus 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Jakarta – Menjawab kritikan pengabdian mutlak berbasis kedaerahan dari sejumlah kalangan yang tak mendukung dirinya untuk menduduki Pj. Gubernur NTB 2023, Lalu Niqman Zahir menampik bahwa siapapun berhak selama memenuhi syarat untuk ikut dalam kontestasi.

Kalaupun ada pihak yang mengatakan harus “Putra NTB yang bertugas di NTB yang lebih faham NTB, bukan putra NTB yang bertugas diluar, secara Lugas Mamiq Nikman menjawab, jika itu syarat maka saya juga bahkan sebelum pindah kejakarta dari awal meniti karier menjadi Anggota Pegawai Negri Sipil yang berdinas cukup lama di NTB, tepatnya di Kabupaten Lombok Barat.

Awal karier saya mengabdi dimulai dari provinsi Nusa Tenggara Barat sebagai kader pamong praja yang ditugaskan oleh Pemerintah Provinsi NTB untuk mengikuti Pendidikan di Akademi Pemerintahan Dalam Negeri (APDN) Mataram pada tahun 1987.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Bahkan sebelum menyelesaikan Pendidikan di APDN Mataram saya ditugaskan selama satu tahun sebagai ADC Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat sebelum akhirnya saya ditugaskan sebagai Pembina desa di Kecamatan Narmada selama lebih kurang tiga tahun, sesuai kebijakan Menteri Dalam Negeri saat itu bahwa setiap alumni kader pamong praja harus ditempatkan di desa minimal Dua tahun.

Baca Juga :  Miliki Sejumlah Destinasi Wisata Air, Lombok Timur Butuh Ketrampilan Penyelamatan Di Air

Kemudian sekitar Tiga tahun saya melaksanakan pengabdian di kecamatan Narmada, pada tahun 1993 saya diberikan kesempatan untuk melaksanakan tugas belajar di Universitas Brawijaya Malang dan menyelesaikan Pendidikan saya tahun 1995.

Selesai Pendidikan di Unbraw saya masih diberikan tugas sebagai Pembina Desa dalam rangka PENAS – PERTASIKENCANA IX dan persiapan pemindahan Ibu Kota Kabupaten Lombok Barat dari Kota Mataram ke Giri Menang Gerung.

Saya juga pernah bertugas sebagai Kasubsi Pemerintahan Desa di Kecamatan Gunungsari, ditugaskan sebagai Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Gangga dan pernah menjadi Pejabat Camat Gangga, kemudian ditugaskan sebagai Kasubbag Rapat dan Risalah Sekretariat DPRD Kabupaten Lombok Barat berlanjut melaksanakan tugas belajar ke Magister Addministrasi Publik (MAP) Universitas Gajah Mada.

Selesai Pendidikan tahun 2002 saya ditugaskan sebagai Kasi Perencanaan pada Bappeda Kabupaten Lombok Barat.

Kalau melihat jenjang karir dan pendidikan saya maka bisa dikatakan saya ini adalah anak negara karena mulai Sekolah dasar sampai SMA dibiayai oleh negara, kemudian dididik sebagai kader pamong praja (APDN Mataram) oleh negara, lalu melanjutkan jenjang pendidkan tingkat Sarjana dan Pasca Sarjana juga dibiayai oleh negara. Tutur Nikman panjang lebar.

Baca Juga :  Tim Pengawas Internal Kodim 1615/Lotim Lakukan Di Koramil

Pada tahun 2006 saya pindah ke jakarta melalui proses seleksi yang cukup menguji adrenalin dan mampu membuktikan kemampuan hingga bisa menduduki sejumlah jabatan penting diantaranya menduduki posisi sebagai Kepala Bagian Hubungan Daerah Wilayah Timur, Kepala Bagian Protokol, Kepala Biro Umum, Kepala Biro Organisasi keanggotaan dan Kepegawaian dan Deputi Bidang Administrasi.
Peluang untuk maju menduduki Pj. Gubernur NTB ini saya tangkap karena saya merasa memenuhi syarat dan layak sesuai Pangkat Jabatan ataupun Golongan.

Basic saya adalah pemerintahan karena saya adalah kader pemerintahan dalam negeri dan saya lahir, besar dan sekolah serta meniti karir mulai dari Nusa Tenggara Barat, maka tentu sangat mengenal potensi dan permasalahan daerah Nusa Tenggara Barat.

Adapun target kerja yang akan dijalankan adalah mengawal pemilu agar berjalan dengan sukses, aman dan lancar, selain itu mengurai persoalan stunting NTB yang masih tinggi.

Meskipun masa jabatan Pj Gubernur hanya satu tahun tapi paling tidak saya bisa meletakan dasar dasar Pembangunan Nusa Tenggara Barat kedepan melalui enam strategi percepatan pembangunan Provinsi NTB yakni:

Baca Juga :  Kemesraan Sukiman-Suhaili Terlihat dalam Acara Pengajian di Lotim

1) Peningkatan tata kelola pemerintahan yang baik dan pemerintahan yang bersih, untuk meningkatkan kepercayaan rakyat dan menciptakan iklim investasi

2) Peningkatan kualitas SDM melalui pendidikan formal dan informal;

3) Pemanfaatan inovasi teknologi, khususnya teknologi digital, untuk meningkatkan daya saing wilayah dan produk barang dan jasa;

3) Pengembangan perdesaan, karena jika perdesaan maju, maka NTB akan maju;

5) Pengembangan ekonomi lokal berbasis komoditas unggulan yakni pertanian, industri pengolahan berbasis pertanian, melanjutkan dan meningkatkan pembangunan pariwisata, dan industri kreatif.

Dengan mengembangkan komoditas unggulan yang bernilai tambah tinggi dan melibatkan masyarakat/UMKM diharapkan akan meningkatkan efek pengganda pendapatan dan tenaga kerja ( income and employment multiplier effects ) yang lebih lanjut akan menurunkan jumlah penduduk miskin dan meningkatkan kesejahteraan rakyat; dan

6). Peningkatan konektivitas internal dan dari dan menuju NTB, melalui penyediaan infrastruktur cerdas, yaitu gabungan antara infrastruktur kovensional dan digital.

Satu tahun bukanlah waktu yang panjang jika dibandingkan dengan jabatan Politik selama Lima tahun.
Meski demikian waktu satu tahun itu Insha Allah akan saya manfaatkan seoptimal mungkin bisa memberikan yang terbaik bagi tanah kelahiran saya Nusa Tenggara Barat. “Jelasnya”.

Berita Terkait

Pilkada Lotim 2024, PERNUSA Lotim Dukung Pasangan Luthfi-Wahid Sebagai Bupati dan Wakil Bupati
Penghargaan Babinsa Terbaik Versi BKKBN, Diraih Sertu Nasriadi, Danrem 162/WB Berikan Apresiasi
Pemancing Asal Sumbawa Ditemukan Tak Bernyawa
Pilkada Lotim 2024, Tiga Parpol Sepakat Usung Paket Luthfi-Wahid
Wujudkan Kemudahan Pelayanan Masyarakat, Kantor Desa Jagaraga Direnopasi
Usai Mendaftarkan Diri Sebagai Calon Bupati, Syamsul Luthfi Yakin Mendapat Rekom dari Golkar
Pemuda NWDI Masbagik Dukung dan Siap Menangkan Syamsul Luthfi Sebagai Bupati Lombok Timur
Masyarakat Desa Sukamulia Timur Terima Sertifikat Tanah dari BPN Lotim
Tag :

Berita Terkait

Rabu, 15 Mei 2024 - 08:37 WIB

Pilkada Lotim 2024, PERNUSA Lotim Dukung Pasangan Luthfi-Wahid Sebagai Bupati dan Wakil Bupati

Rabu, 15 Mei 2024 - 07:20 WIB

Penghargaan Babinsa Terbaik Versi BKKBN, Diraih Sertu Nasriadi, Danrem 162/WB Berikan Apresiasi

Selasa, 14 Mei 2024 - 18:09 WIB

Pemancing Asal Sumbawa Ditemukan Tak Bernyawa

Kamis, 9 Mei 2024 - 11:03 WIB

Wujudkan Kemudahan Pelayanan Masyarakat, Kantor Desa Jagaraga Direnopasi

Selasa, 7 Mei 2024 - 18:34 WIB

Usai Mendaftarkan Diri Sebagai Calon Bupati, Syamsul Luthfi Yakin Mendapat Rekom dari Golkar

Sabtu, 4 Mei 2024 - 17:27 WIB

Pemuda NWDI Masbagik Dukung dan Siap Menangkan Syamsul Luthfi Sebagai Bupati Lombok Timur

Jumat, 3 Mei 2024 - 17:31 WIB

Masyarakat Desa Sukamulia Timur Terima Sertifikat Tanah dari BPN Lotim

Jumat, 3 Mei 2024 - 09:27 WIB

KPU Gelar Pleno Terbuka Penetapan 50 Kursi Anggota DPRD Lotim Pemilu 2024 

Berita Terbaru

Hukrim

Pemancing Asal Sumbawa Ditemukan Tak Bernyawa

Selasa, 14 Mei 2024 - 18:09 WIB